Jumat, 05 Oktober 2012

Mengenal Lensa Pada Kamera DSLR beserta Fungsinya


+Minutes


Jika pada kamera saku digital menggunakan lensa permanen, maka kamera DSLR menggunakan lensa yang bisa di lepas pasang dan diganti dengan lensa lain sobat. Jadi cukup dengan satu unit kamera digital bisa mengkoleksi berbagai lensa kamera yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa jenis lensa yang ada antara lain lensa standar 50 mm, lensa wide 14 mm, lensa fish eye 10,5 mm, atau lensa tele 1000 mm.

Lensa-lensa pada kamera DSLR juga memiliki fungsi yang bermacam-macam sobat. Ada lensa buatan Nikon dengan fasilitas VR atau vibration reduction. Ada juga lensa dengan fasilitas AF atau auto fokus dengan kecepatan ultrasonik buatan Canon.

Contoh di atas adalah lensa buatan pabrik yang satu merk dengan kamera, selain itu masih banyak pabrikan yang membuat lensa dimana mounting lensa tersebut disesuaikan dengan mounting berbagai kamera. Lensa 3rd party tersebut antara lain lensa Sigma, Tokina, Tamron, Carl Zeis, dan Sony.

Sobat, dengan beragamnya pilihan lensa ini, kamera DSLR dapat dipakai untuk memotret berbagai kegiatatan dengan jangkauan yang beragam. Seorang fotografer event olahraga misalnya, dengan satu body kamera mereka dapat membawa berbagai jenis lensa dari yang mempunyai rentang focal lebar sampai yang dapat memotret sudut sempit seperti lensa tele, tentu hal ini akan memberikan hasil yang maksimal untuk setiap jepretannya.

1 komentar: