Jumat, 05 Oktober 2012

Lensa Tele dan Lensa Wide Kamera DSLR yang Istimewa


+Minutes

Gambar : Lensa Tele

Sobat, lensa tele adalah lensa yang biasa digunakan untuk memperdekat obyek, karena lensa ini mempunyai rentang jarak yang sangat panjang. Keistimewaan dari  lensa ini adalah kemampuannya menghasilkan jepretan yang prima untuk obyek yang terletak jauh. Namun dalam penggunaanya lensa tele biasa dipadukan dengan tripod, karena gerakan sedikit saja saat menjepret akan menghasilkan gambar yang tidak tajam.

Saat kita menggunakan lensa tele untuk menjepret obyek burung misalnya, kita hanya akan mendapatkan detail dari kepala burung yang yang kita bidik. Lain halnya saat menggunakan lensa jenis yang lain, maka akan menghasilkan detil seluruh bagian dari obyek, bahkan detail background di sekelilingnya. Untuk memotret obyek yang membutuhkan detail lengkap memang lensa dengan rentang pendek akan lebih tepat.

Salah satu ukuran lensa tele adalah 200-400 mm. Namun sobat, lensa tersebut bisa di lipatgandakan focal lenght-nya menggunakan tele converter. Ada tele converter mulai 1,5X sampai 2X.

Gambar : Lensa Wide


Nah sobat, untuk lensa wide mempunyai focal lenght atau rentang jarak yang luas atau lebar. Merupakan kebalikan dari lensa tele yang mempunyai focal lenght sempit. Lensa ini berguna untuk memotret obyek yang banyak, besar, atau memotret sebuah lanscape pemandangan yang luas.

Salah satu ukuran lensa wide adalah lensa 14 mm. Namun ada juga lensa wide yang dilengkapi dengan zoom sehingga focal lenght-nya akan bertambah. Lensa variable 14-55 mm yang mempunyai focal lenght sampai 55 mm bisa juga disebut lensa wide. Dilihat dari bentuknya sobat, lensa wide berukuran pendek, berbeda dengan lensa tele yang mempunyai ukuran relatif panjang.

0 komentar:

Posting Komentar