Minggu, 23 September 2012

Manfaat Tanaman Buah Belimbing

+Minutes


Sobat +Minutes, Tanaman buah belimbing adalah tanaman yang dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis. Tanaman dengan bentuk buah yang khas ini diperkirakan berasal dari Indonesia, Malaysia, India, dan Sri Langka. Tetapi untuk saat ini budidaya tanaman buah belimbing sudah menyebar hampir di seluruh negara di dunia dengan iklim tropis seperti Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Republik Dominika, dan negara-negara di Asia Tenggara. Di Indonesia sobat, sejak tahun 2007 buah belimbing digunakan sebagai ikon Kota Depok, Jawa Barat. Untuk budidaya buah belimbing di Indonesia yang cukup terkenal ada di daerah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.

Meskipun tumbuh di daerah yang beriklim tropis, pohon buah belimbing termasuk tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari sobat. Penyebaran tanaman ini sangat luas, karena memanfaatkan lebah dalam proses penyebarannya. Secara umum pohon buah belimbing mempunyai daun majemuk dengan panjang sampai 50 cm, mempunyai banyak ranting dengan bunga berwarna ungu yang umumnya muncul di ujung dahan, serta tinggi pohon yang dapat mencapai 5 m. Untuk buahnya sobat, buah belimbing mempunya penampang yang khas yaitu berbentuk bintang jika dibelah. Berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kuning kehijauan saat sudah matang.

Beberapa manfaat dari tanaman buah belimbing adalah sebagai berikut :

  • Digunakan sebagai bumbu masakan (jenis belimbing wuluh)
Di Indonesia sudah sangat terkenal pemanfaatan belimbing wuluh sebagai pemberi rasa asam dalam masakan khas Indonesia.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah belimbing mempunyai kandungan antioksidan yaitu vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi sobat. Antioksidan ini yang akan meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas.

  • Mengobati penyakit malaria
Bukan buah belimbing sobat yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Tetapi Bunga dari pohon belimbing yang berwarna keunguan tadi yang dipercaya dapat mengobati penyakit malaria.

  • Mengobati sakit maag serta melancarkan air seni
Kali ini daun dari pohon belimbing yang bermanfaat bagi kesehatan sobat. Daun muda dari pohon buah belimbing ini digunakan untuk mengobati sakit maag. Selain itu juga dipercaya untuk melancarkan air seni.

  • Mengobati penyakit rematik
Untuk mengobati penyakit rematik yaitu memanfaatkan akar dari pohon buah belimbing sobat.
  • Melancarkan buang air besar
Kembali ke manfaat dari buah belimbing sobat. Dengan mengkonsumsi buah belimbing, kebutuhan serat dalam tubuh sebagian besar sudah terpenuhi karena memang kandungan serat dalam buah belimbing sangat tinggi.

  • Menurunkan kadar kolesterol
Salah satu zat yang terkandung dalam buah belimbing yaitu pektin. Zat ini terbukti mampu mengikat kolesterol sehingga dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Semoga bermanfaat sobat +Minutes, sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar