Jumat, 21 September 2012

Manfaat Buah Anggur

+Minutes


Sobat +Minutes, tanaman dari buah anggur adalah tanaman yang tergolong ke dalam keluarga tanaman vitaceae yang tumbuh merambat. Tanaman ini berasal dari timur tengah sobat. Dulu tanaman ini hanya dikonsumsi sebagai buah mentah saja sebelum bangsa mesir mulai mengolah buah ini untuk pertama kalinya. Setelah itu tidak butuh waktu lama proses pengolahan serta budidaya buah anggur menyebar ke seluruh penjuru dunia. Buah anggur selain dikonsumsi sebagai buah (mentah), biasanya diolah menjadi minuman buah anggur, kismis, jelly, dan minyak (biji anggur),

Tanaman buah anggur ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah dengan tekstur tanah yang gembur sobat. Tanaman ini akan lebih baik saat musim kemarau dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Jadi, jika sobat menanam tanaman buah anggur, jangan terlalu sering menyirami tanaman buah ini, karena akan memperjelek proses pembuahannya.

Beberapa manfaat dari buah anggur ataupun hasil olahannya diantaranya sebagai berikut :
  • Meningkatkan produksi lemak baik (HDL)
Salah satu zat yang terkandung di dalam buah anggur adalah senyawa flavonoid sobat. Zat inilah yang dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu zat ini juga dapat menurunkan trigliserida dalam darah, trigliserida merupakan akibat dari pertumbuhan asam lemak dan gliserol yang bersifat racun.
  • Meremajakan kulit dan memperlambat penuaan dini
Telah terbukti dalam sebuah penelitian sobat, bahwa buah anggur memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat melimpah, yang mempunyai daya kerja lebih kuat dari vitamin C serta vitamin E. Senyawa antioksidan ini yang akan mempercepat pergantian sel-sel kulit yang telah mati sehingga akan memperlambat penuaan dini.
  • Melancarkan peredaran darah dan mengurangi resiko penyakit jantung
Kandungan senyawa aktif dalam buah anggur akan memperlancar peredaran darah karena dapat meningkatkan kerja sel-sel endotelial sobat. Peredaran darah yang lancar di dalam arteri akan mempengaruhi kerja dari sel-sel otot halus, hal ini akan mengurangi terhadap resiko penyakit jantung.
  • Sebagai pewarna alami untuk makanan
Hmm, sobat tidak perlu berpikir bagaimana cara memanfaatkan buah anggur untuk pewarna makanan? Maksudnya bukan buah anggur langsung dipakai sebagai pewarna makanan, kan ada anggur merah sama anggur hijau, bukan seperti itu sobat hehe. Dalam buah anggur terdapat zat antosianin, zat inilah yang dapat digunakan untuk pewarna alami dalam berbagai produk makanan.
  • Meningkatkan daya ingat
Penelitian menunjukan bahwa buah anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi resiko dari penyakit alzheimer atau kepikunan. Hal ini dikarenakan kandungan zat resveratol yang tinggi di dalam buah anggur, yakni sebuah polifenol. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita alzheimer atau pikun.
  • Meningkatkan stamina
Di dalam buah anggur ternyata juga terdapat kandungan zat besi yang tinggi sobat, seperti yang sudah diketahui zat besi sangat berpengaruh untuk pemulihan stamina.
  • Menyehatkan organ pencernaan dan mengatasi sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, serta selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar. Dengan mengkonsumsi buah anggur akan mengurangi resiko sembelit dan tentunya menyehatkan organ pencernaan.

Semoga bermanfaat sobat +Minutes, sehat selalu.

2 komentar: