Rabu, 19 September 2012

Manfaat Buah Apel

+Minutes


Sobat +Minutes, buah apel merupakan salah satu buah yang sudah sangat populer di konsumsi masyarakat di dunia, baik untuk kalangan menengah ke bawah hingga kalangan elit. Karena harga dari berbagai jenis apel tersebut memang berbeda-beda. Terlepas dari itu semua, buah apel jenis apapun tetap memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia sobat.

Umumnya, pohon dari buah apel ini tumbuh di daerah yang beriklim tropis sobat, tapi dalam perkembangannya pohon buah apel ini sudah banyak yang tumbuh di daerah dengan suhu sekitar yang lebih dingin. Meskipun sekarang ini sudah banyak olahan dari buah apel, tapi buah ini akan lebih bagus dimakan mentah-mentah sobat (masak di pohon).

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah apel adalah sebagai berikut :
  • Mencegah kanker
Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sobat. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin, maka akan mengurangi resiko terkena berbagai macam kanker, seperti kanker mulut, kanker payudara, kanker usus besar, dan lain-lain.
  • Meminimalisir resiko penyakit asma
Ya, benar sobat, dengan mengkonsumsi buah apel akan mengurangi resiko terkena penyakit asma. Karena kandungan di dalam buah apel akan menguatkan organ-organ pernafasan bagi orang dewasa serta menjauhkan resiko terkena kanker paru. Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel dalam usia kandungannya akan membantu pertumbuhan paru-paru serta mengurangi resiko kelainan paru pada bayinya.
  • Menjaga kadar gula dalam darah dan berat badan
Dengan mengkonsumsi satu buah apel dalam sehari sobat telah mencukupi 20 persen kebutuhan serat dalam tubuh. Dan ketika proses mengunyah buah apel biasanya membutuhkan waktu yang agak lama karena struktur buah ini memang agak keras. Hal ini akan di respon oleh otak kemudian otak akan memberikan sinyal kenyang pada organ pencernaan, hal ini akan mengurangi nafsu makan. Dengan begitu perut akan terasa kenyang lebih lama sobat. Hal ini dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah dan menjauhkan diri dari gejala diabetes.
  • Menurunkan kadar kolesterol
Beberapa zat yang terkandung di dalam buah apel antara lain pektin dan polifenol sobat. Zat ini telah terbukti mampu menurunkan kolesterol. Perlu di pahami bahwa kandungan polifenol pada kulit buah apel bisa sampai 6 kali lebih banyak daripada yang terdapat pada dagingnya. Jadi memakan buah apel baiknya tidak perlu mengupas kulit buahnya.
  • Mengurangi kepikunan
Setiap manusia mempunyai resiko terkena alzheimer atau pikun, hal ini disebabkan menurunnya daya kerja pada otak sobat, bisa karena usia atau sebab lain. Dengan mengkonsumsi apel akan meningkatkan produksi senyawa neurotransmiter yaitu zat asetilkolin. Zat ini akan membantu meningkatkan daya kerja saraf-saraf dalam tubuh, termasuk saraf pada otak. Yang tentunya membuat kerja otak menjadi prima dan mengurangi resiko kepikunan.

Semoga bermanfaat sobat +Minutes, sehat selalu.

2 komentar: