Senin, 15 Oktober 2012

Manfaat Buah Mangga

+Minutes


Sobat +Minutes, buah mangga sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Buah mangga memiliki jenis yang sangat beragam, diantaranya mangga manalagi, mangga gedong, mangga gadung, mangga arumanis, mangga indramayu, mangga golek, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, buah mangga dikenal juga dengan nama pelem atau poh.

Tanaman buah mangga diperkirakan berasal dari daerah perbatasan India dan Burma, namun telah menyebar ke Asia Tenggara sejak 1500 tahun silam sobat.

Beberapa manfaat buah mangga adalah sebagai berikut :
  • Menjaga otak selalu prima
Salah satu zat yang terkandung dalam buah mangga adalah glutamin sobat. Zat ini terbukti mampu menambah memori otak kita sehingga kerja otak menjadi prima.
  • Sumber antioksidan
Buah mangga memiliki kandungan vitamin C serta beta karoten yang cukup tinggi. Dua zat ini merupakan antioksidan, senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga mengurangi resiko kanker. Selain itu, beta karoten di dalam tubuh manusia akan diubah menjadi vitamin A, seperti kita tahu sobat vitamin A sangat penting untuk menjaga fungsi retina pada mata.
  • Sumber kalium dan vitamin C
Kandungan Kalium dan vitamin C tiap 100 gram buah mangga mencapai 189 mg untuk kalium dan 41-65 mg vitamin C. Sedangkan tubuh manusia memerlukan 400 mg kalium dan 60 mg vitamin C per harinya. Dengan memakan 2-3 buah mangga arumanis berukuran kecil sudah memenuhi kebutuhan kalium serta vitamin C dalam tubuh sobat.
  • Melancarkan pencernaan
Enzim pencernaan yang terkandung dalam buah mangga akan membantu melancarkan proses pencernaan serta pemecahan protein dalam tubuh.
  • Daun mangga dapat menurunkan kadar gula dalam darah
Di dalam daun tanaman buah mangga terdapat kandungan senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat sobat. Bersama dengan insulin kandungan ini akan bersinergi mengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintetis glikogen. Sehingga dapat menurunkan resiko naiknya kadar gula dalam darah atau hiperglisemia.

Seoga bermanfaat sobat +Minutes, sehat selalu.

3 komentar:

  1. kalo manfaat buah manggis apa gan?

    BalasHapus
  2. nanti dibaca di posting selanjutnya bro dwi
    ditunggu ya :)

    BalasHapus
  3. kenapa habis makan mangga malah diare????? :-(

    BalasHapus